Senin, 22 Februari 2010

Menjaga Kesehatan Mata dan Bahaya Pantulan Cahaya Dimonitor Terhadap Mata



Ilustrasi >>> Ada seorang blogger yang blogging melalui Laptop. Saban hari dia sering berpindah pindah tempat ketika Monitoring didepan Laptopnya. Kira kira ada tiga tempat dimana dia suka menggunakan Laptopnya, Yakni dibagian ruangan Depan rumahnya, dibagian Belakang rumahnya yang terang , dan terakhir adalah di Taman kampusnya.

Ditiga tempat ini, hanya satu tempat yang bisa lama siblogger melakukan aktifitas bloggingnya, dia mendapati di Taman kampus dan halaman belakang rumahnya matanya cepat capek bila menggunakan laptop.


Pernah di paksanya, namun matanya malah sakit dan memerah. Terakhir dia menyadari cahaya pantulan dari sinar matahari dan cahaya dari alam terbuka di monitor laptopnya. Istilahnya monitor laptop jadi silau , dan mata memandang jadi terbebani. Jika di ruangan depan rumahnya, si blogger sanggup menghabiskan banyak waktu untuk blogging, karna matanya bekerja normal tanpa terbebani oleh silau di laptopnya.

Ngak dapat dibayangi bagaimana jadinya jika seorang mesti bekerja didepan laptop / atau komputer dengan gangguan cahaya seperti kasus dalam cerita ilustrasi diatas. Memang dibanyak kantor ruangannya tertutup dan tidak bisa dijangkau cahaya matahari yang terfokus, hingga tidak menyebabkan adanya sinar silau di monitor.

Namun tak jarang banyak rungan kantor yang menggunakan kaca sebagai sekat, bila lampu elektronik dinyalakan makan cahaya lampu akan berpncar kesana kemari hingga kelayar monitor, ini tentu menajdi siksaan bagi insan yang bekerja didepan komputer.

Tulisan ini bukan untuk pintar pintaran apalagi sok sok-an, kita dulu pernah blogging dan browsing beberapa waktu di satu rungan yang penuh kaca, hingga monitor menjadi silau, dalam beberapa hari kinerja mata langsung menurun....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar